Sabtu, 24 Oktober 2009

bukan orang pinggiran



Jakarta tertata lebih semrawut sekarang ini, letak bangunan dan tumbuhan serta daerah resapan sudah tidak tertata rapai lagi. Terlihat banyak gedung gedung bertingkat yg menghiasi ibukota. Bhakan kota pinggiran seperti Bekasi ada sekitar 10 gedung pertokoan (mal) yang dibangun saling berdekatan, huft rupanya kita tinggal menunggu banjir, panas terik Matahari dan polusi (sekarang sudah kita rasakan).

Sekitar hari Selasa mungkinbeberapa minggu yg lalu, gw sama teman cw gw si Dias a.k.a Gembor jalan ke daerah Sarinah buat naruh cv (tapi sampe sekarang ga ada kabarnya). Biar cepet dan ga ribet gw ambil jalan lewat Pondok kelapa Jakarta timur, itu yg pinggiranya dibuat Saluran Kanal Timur. Bawa motor biasa ajah, nglamun sana sinisambil mikir 'kapan nih sampenya? ga ada ujungnya perasaan???
Sambil dijalan gw ngbrol sama dias, kenapa mereka yg rumahnya dipinggir situ ga pindah. Kata dias udah diganti rugi sama Pemda, ouh gituh ya udah lah. Terbayang lagi di pikiran gw, mereka pindah kemana?ngontrak?/beli rumah lagi?lebih layak ga?ganti ruginya sepadan ga? ya mungkin hanya mereka dan Tuhan yg tau.

Pas lampu merah di perempatan Buaran gw berhenti, karena pas lampu merah. Gw sama dias lihat ke samping kiri, hmmmmm.......banyak rumah semi permanen (karena ga ada pondasinya). Rumahnya seperti rumah buat tukang bangunan gitu dari kayu lapis atau triplek. Gw mikir apa itu yg kerja di proyek Kanal timur? Apa gelandangan? ga tau lah yah......
Si dia juga mikir kaya gitu. Ya karena lampu merah di situ tergolong lama, pikiran gw semakin menelisik ke dalem lagi. Mereka di situ buka warung, baik warung makan amat sederhana (di bawah warteg), bengkel atau warung kopi. Mereka juga punya Rt, karena gw lihat ada papan RT di situ. Mereka kalo hujan gimana yah? terus kalo panas gimana? kan atapnya seng....tanya gw sama Dias....bener juga belum kalau banjir dah...
Mata gw langsung tertuju di aliran listrik deket tiang listrik...... Nah kan? bener ternyata mereka nyolong listrik (asal nancep kabel di saluran tiang listrik) tapi banyak yg nancep ada puluhan gituh. Wah ini, kalau ketauan PLN gimana? bisa kena pidana nih...tapi ga tau juga, kalau mereka juga bayar listrik berarti emang "disediakan" fasilitas itu....

Lalu asal mereka. apa mereka dateng dari kampung yg nekad ke Jakarta ngadu nasib, atau mereka emang penduduk lama di situ yg luput dari perhatian pemda. Gw lihat mereka asyik2 ajah tinggal di situ, karena gw lumayan sering lewat daerah situ...yah ga tau lah.....

Kesimpulan dari ini adalah :

1. Naik motor biar bisa lihat hal2 yg kaya gini 2. Pemerintah harus sigap dalam masalah ini, untuk mengurusi ketenaga kerjaan dan tempat tinggal yg layak 3. Pembangunan Sarana harus di ikuti dg keseimbangan lingkungan dan perawatannya 4. Jangan pernah bilang "lagi ga ada duit nih" kalau mau bilang bilang ajah "duitnya ga cukup" karena ada yg lebih kekurangan dari kita 5. Selalu bersyukur 6. Kerjakan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar