Rabu, 10 November 2010

Diri kita

Beberapa dari kita mungkin banyak yang merasakan beratnya hidup. Mereka mengeluh, betapa beratnya hidup ini dengan segala kesulitannya. Banyak sekali yang mereka keluhkan. Susah dapat kerja, gaji yang kecil ataupun kehidupan yang serba kekeurangan. Hidup sebenarnya sangat indah apabila kita jalani, andaikan kita diberikan cobaan pasti Tuhan tidak akan menguji hambanya di luar kemampuannya.
Kenapa gw menulis hal ini karena gw juga mengalami hal yang sama saat ini. Gw melihat di sekitar gw, orang orang yang berkeluh kesah. Kadang mereka menginginkan sesuatu yang sangat mereka idam idamkan, tapi setelah mendapatkannya mereka menyia nyiakannya.

Contoh yang sangat simpel, akhir akhir ini kita merasakan macetnya Jakarta yang kadang kita mengeluh "A***** macet banget nih!" atau cuaca yang tak menentu saat ini. Padahal kalau di pikir, saudara saudara kita di Merapai, Mentawai dan Wasior lebih menderita beratus ratus kali dari kita. Kalau dibandingkan kita jauh lebih mendapatkan apa yang tidak mereka dapatkan saat ini. Mereka kekurangan makan, makan pun dibatasi sedangkan kita makan saja ngeluh "lauknya gak enak nih.." dan sebagainya. Lalu mereka kekurangan pakaian, sedangkan kita cuma bisa mengeluh agar bisa beli baju baru dan bermerk, kalau tidak bermerk tidak mau. Mereka kehilangan harta benda mereka, sedangkan kita sibuk menghabiskan uang kita, kalau sudah bekerja sibuk mengahabiskan uang gaji dan setelah akhir bulan akhirnya kita ngutang atau menadahkan tangan kepada orang tua. Mereka tinggal di pengungsian bermandikan debu debu vulkanik, sedangkan kita di sini mengeluh panas, sedikit sedikit AC, kalau tidak AC tidak mau. Lalu mereka di sana sangat terbatas fasilitasnya sedangkan kita di sini bebas berinternetan ria.

Hidup memang keras, kalau tidak seperti ini bukan hidup namanya...luaskan empati kita untuk orang lain. Setelah itu bantu mereka jika kita memang bisa, jika tidak doakan saja yang terbaik untuk mereka.

Beberapa langkah yang harus kita terapkan di saat kita menjadi bosan dengan keadaan kita.

1. Bersyukur dengan apa yang ada
2. Jangan lihat ke atas tapi lihat ke bawah, artinya jangan berorientasi dengan hal hal yang mewah tapi berorientasilah dengan hal hal yang sederhana
3. Jalani apa yang harus kamu lakukan sekarang
4. Buka pikiranmu seluas luasnya
5. Jangan sungkan memberi pertolongan dengan orang lain
6. Percaya bahwa semua ini sudah ada yang mengatur
7. Ikhlas

2 komentar:

  1. alhamdulillah masih normal mas satu ini

    ganbatte ya!!!

    jalan2 jg ke blog sy yang blogspot dan wordpress dong,....

    BalasHapus
  2. alhamdulilah.... engaku sembuh nak....

    BalasHapus